Liebster Award

Jika seorang pelaku seni/sastra/budaya ibarat orang lapar, maka salah satu bentuk materi yang mengenyangkan perutnya adalah sebuah apresiasi. Tak harus berupa saran dan kritik yang membangun, kadang juga bisa berwujud pujian atau penghargaan. Liebster Award ini juga adalah salah satunya.

Sungguh sebuah kehormatan tersendiri, mengingat saya masih seorang pemula yang haus akan tantangan dan perjalanan di masa mendatang. Terima kasih, bang Ibrahim Dutinov sudah merekomendasikan saya sebagai salah satu nominasi. Link web beliau terlampir, silahkan mampir dulur. https://ninjapenulis.blogspot.com/2020/03/aku-memilih-kamu-iya-kamu.html

Liebster Award ini sebenarnya salah satu bentuk penghargaan berupa gambar yang diberikan secara estafet dari satu blogger ke blogger lainnya. Kata Liebster sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya adalah tersayang. Konon katanya, award yang satu ini mulanya memang berasal dari seorang blogger yang berasal dari Jerman, diberikan kepada 11 teman bloggernya, hingga akhirnya sampai ke Indonesia.

Salah satu tujuannya adalah dalam rangka mempererat tali persahabatan. Sang pemberi award ini menyampaikan rasa terima kasihnya atas berbagai macam dukungan yang ia terima. Walaupun ini hanya gelar secara informal, namun tentu dapat meninggalkan kesan baik dan makin memotivasi seseorang dalam mengelola blognya di masa mendatang.

Berhubung Liebster Award ini punya aturan main, mau tidak mau harus saya turuti. Semua tantangan yang diminta terlampir di bawah ini.

7 Hal Tentang Diri Saya :

1. Anak pertama dari garis keluarga ibu (sebenarnya anak ketiga, tapi karena kakak pertama dan kedua sudah berpulang saat masih di kandungan, jadinya naik pangkat).
2. Suka tantangan baru, terutama berkaitan dengan hal-hal sosial.
3. Tidak pernah lepas dari rokok kretek & korek api.
4. Penikmat perjalanan, tidak betah diam.
5. Tempramental.
6. Dominan karakter sanguinis, disusul koleris.
7. Sering tidak tega, tapi kalau sudah lepas kontrol berbahaya.

Sesi Menjawab Pertanyaan

1.Mending mana, dicintai atau mencintai? Alasannya apa?
Lebih baik mencintai daripada dicintai. Sebab itulah yang dilakukkan Tuhan pada hamba-Nya. Dia tidak wajib baik pada makhluk-Nya. Akan tetapi, karena kecintaan-Nya pada mereka, maka segenap umat-Nya merasakan kebaikan-Nya.

2. Diantara kertas-gunting-batu, kamu yang mana? Kenapa?
Saya ini tipikal batu. Keras, suka mendobrak hal-hal yang dianggap tidak mungkin. Tidak jarang menghantam sana sini. Cuma bisa diredam orang berkarakter kertas. Lembut, tenang, namun punya daya redam mumpuni.

3. Siapa nama Penulis yang jadi contoh atau teladan buat kamu ?
Gus Candra Malik & Cak Nun (Muhammad Ainun Nadjib)

4. Alasannya kenapa?
Gus Candra Malik, seorang budayawan sufi yang begitu multi talenta, banyak menghasilkan karya berkualitas tinggi. Dari beliau, saya mengambil puisi sebagai contoh berkarya. Sedangkan Cak Nun, seorang guru bangsa yang terus berkiprah dalam kesunyian, tak memikirkan nama dan jabatan. Dari beliau, saya terinspirasi untuk menyisipkan nilai tentang tasawwuf dalam setiap tulisan saya.

5. Lagi rame Covid-19, kamu gimana nanggepinnya?
Covid-19 alias virus corona, makhluk tuhan yang sulit dilihat. Saat ini ia sangat terkenal, menyebbkan banyak urusan manusia kacau balau. Satu-satunya cara mengatasi hanya menyeimbangkan aspek fisik dan batiniah. Ikuti segala aturan main pemerintah dan tenaga kesehatan semampu yang kita bisa. Sisi batiniah, jangan mudah panik. Sekuat-kuatnya virus corona, masih jauh lebih kuat Sang Maha Pencipta. Dikuatkan kembali segala macam doa dan ibadah sesuai tuntunan para pemuka agama supaya perilaku kita tidak terbawa nafsu liar. Jangan sampai niat untuk melindungi diri, berubah telak menjadi membunuh orang lain. Kondisi setiap orang tidak sama, maka dari itu saling membantu sesuai prosedur yang ada hukumnya wajib.

6. Mending jadi Youtuber atau punya penerbitan ?
Sekalian saja jadi youtuber. Memang inilah nantinya langkah lain yang akan saya tempuh. Masalah penerbitan, bisa bekerja sama dengan pihak lain. Anggap saja itu sebagai berbagi ladang rezeki, sekaligus pintu pembuka untuk menjalin relasi dengan berbagai pihak yang punya kemampuan menulis lebih mumpuni.

7. Dari 10 sahabat Rasululloh Saw yang dijamin masuk syurga, kamu pengen neladani yang mana ?
Tanpa maksud untuk membeda-bedakan sahabat Kanjeng Nabi, maka yang saya pilih adalah Sayyidina Ali bi Ali Tholib Karamallahu Wajjahu, sang pintunya ilmu. Beliau termasuk salah satu pewaris ilmu Rasulullah yang sifatnya rahasia (tidak bisa langsung dipelajari). Oleh salah satu keturunan beliau yaitu Syekh Abdul Qodir Jaelani kemudian ditata dalam bentuk ajaran Thoriqoh.

Selanjutnya, tak lupa saya ucapkan terima kasih pada rekan-rekan komunitas ODOP. Lewat perantara kalian, aku bisa membuka jalan baru dalam episode kehidupan ini. Beberapa blog diantara merek menjadi favoritku, sangat cocok untuk dibaca. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Jihan Mawwadah : https://jeyjingga.com
  2. Lulu Musthofia : https://temansenja.com
  3. Maftuha : https://maftuha07.blogspot.com/
  4. Ibrahim Dutinov : https://semogabukanghibah.blogspot.com
  5. Zen : https://mzaini30.com/
  6. Prajna : https://bunyibuny.blogspot.com/
  7. Yoharisna : https://yoharisna1977.blogspot.com/?m=1

Untuk aturan main, saya copy paste saja dari Bang Ibrahim Dutinov, biar praktis. Silahkan disimak :

1. Ungkapkan rasa terima kasih kamu ke orang yang menominasikan blog kamu buat Liebster Award. Jangan lupa pake link blog si orang yang bersangkutan ya!
2. Cantumkan logo Liebster Award di postingan kamu (bisa googling atau download dari laman ini)
3. Bikin 7 Fakta tentang diri kamu (boleh apa saja, yang penting kamu seneng :p)
4. Jawab 7 pertanyaan yang diajukan oleh orang yang menominasikan blog kamu
5. Siapkan 7 pertanyaan dari kamu buat 7 orang lagi nominasi yang kamu inginkan
6. Kirimkan 7 pertanyaan baru tersebut ke 7 rekan blogger pilihan kamu.
7. Jangan lupa cantumkan link rekan-rekan blogger yang mau kamu nominasikan oke!

Jangan lupa kasih tahu si pemilik blog yang blognya kamu nominasikan di Liebster Award. Jangan lupa tulis cara ikutan Liebster Award ini di postingan kamu, biar yang lain memahami aturannya. Lalu, untuk 7 pertanyaan yang harus dijawab adalah sebagai berikut :

  1. Motivasi anda menulis ?
  2. Niche blog anda ?
  3. Apa yang menjadi latar belakang terpilihnya jenis niche itu ?
  4. Apa makna menulis bagi anda ?
  5. Tujuan yang hendak dicapai dari menulis ?
  6. Rencana jangka pendek, menengah dan panjang ?
  7. Masukan bagi sesama penulis

Demikian kiranya yang bisa saya tuliskan. Semoga ukiran huruf ini membawa manfaat. Menyambungkan tali persaudaraan sesama anak bangsa dan saling menguatkan perjuangan di jalur literasi.

Malang, 23 Maret 2020

Rahayu Sagung Dumadi 🙏 Memayu Hayuning Bawono 🙏

#seratbudiluhur #odopbloggersquad #perjalananhidup #ngajiurip #liebsteraward #tijitibeh #pejalanmalam #melepasbatas

7 Comments

  1. Mateeeek deeeh trus aku harus bikin lagi gitu Guss lek mbok tag wkwkwkwkwkwk. *kabur.

    Btw batu itu emang kamu banget. Jadi kita kalo ketemu ga akan pernah cocok. Karena sama2 batu wakakaka

    Suka

    1. Lha pie maneh mbak.. ancen sampeyan kui panutan ku nulis kok.. awal buat wordpress yo sampeyan bimbing..

      Batu ketemu batu yo ajor mbak.. tp klo jd dulur enak.. satu melempem, tinggal bantu dorong 🤣

      Sungkem wolak walik kakak ketemu gede 🙇🙇🙇

      Suka

  2. Batu sama batu kalo digabung isok dadi pondasi omh gus…hihihi…bermanfaat bwt manusia
    Hloh, aq kudu nulis berarti…hmmm sek sek, tak mikir hahaha
    Maturnuwun sdh dinominasiin nggih
    Sungkem wolak walik mju mundur syantik

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s